Rabu, 17 September 2014

Magelang Trip: Candi Borobudur

2 minggu yg lalu kita piknik ke Magelang, krn ada sodara (pakde dan bude) dtg dr jakarta ^^
Awalnya kita mo ikutan berangkat Jumat siang tp krn (nasib karyawan) pulangnya sore (klo dipaksain mo brgkt tar kemaleman) akhirnya diputuskan nyusul besoknya aja. Jadi malam itu kita packing2.. nyiapin kasur buat digelar di bag belakang mobil& siapin perbekalan. Aniwei mo pergi lama ato sebentar itu packingnya sama aja lg, ini pergi cm semalem jg bawaan mesti segambreng *sigh* gabisa light packing krn kan bawa kasur, otomatis harus bawa bantal2, selimut, guling kecil dan akhirnya mobil penuh -.-'

Sabtu pagi
Alarm bunyi jam 04.30 lsg bangun Shubuhan-mandiin anak 3-gantiin satu2-mereka lanjutin bobo lg, stl smwnya siap masukin anak2 ke mobil, tepat jam 05.30 kita berangkaaatt menuju Magelang �� ngeeeeng...

Dan tyt perjalanan smg-magelang di pagi hari cuma sejam! Jam 6.30 kami sudah tiba di kota magelang (normalnya 3jam) antara amazed sm bingung ini kecepetan trus mo ngapaiiiin... 

Langsung PD aja masuk kawasan komplek Candi Borobudur dan tyt kakung nya lg di pasar dong ceu... (Bapak sy hoby ke pasar, ke LN pun carinya pasar/wet-market). Rupanya habis liat sunrise di Punthuk Setumbu (fyi, bayarnya 75rb/org incluce guide) lalu pd jalan2 ke pasar. 

Yastra nyusul ke pasar X_X  lalu beli yg ngga penting2 sm beli ransum (baca: pepaya sm mendoan) lalu capcus ke desa Candirejo. Anak2 udah hepi bgt mau ke "hotel" pas tiba di tujuan mereka bengong, mana hotelnya..soalnya yg ada rumah :D huahua. Trus marah dong dibilang bundanya boong...  Ndilalah depan persis ada kandang kambiang, makin protes masa hotel ada kambing nya X_x *lah masa gabole* trs sy jelasin klo rumah ini = guesthouse/hotel, pkknya bole buat nginep. 

Guesthouse ini paling oke dibanding rumah sekitar, bangunan baru, bersih, owner nya ramah bgt (namanya mba Eka seumuran sm saya anaknya 1 seumur koko). Cuma cat kamarnya aga2 gelap, warna biru gt. Nyampe sana kita sudah disediakan sarapan ala rumahan, ada opor, tahu isi (gehu), capcay dll. 

Kebanyakan yg nginep disini bule2 yg kepingin act like a local :) 



Stl "cek out" jam 10an kita menuju ke Candi Borobudur yg poanaaassss nya mblandang! Gerah bgt pokoknya. 
Begitu mobil masuk ke area parkir lsg diikuti sm bakul2, begitu turun bisa ditebak lhaya lsg diserbu bakul2. Haiyaaa X__x 
Sy cari bakul topi anak2 yg dtg langsung 3 orang, smwnya minta dilarisin. Yaudah 1 bakul beli 1 topi, ditawar jadi 20rb per topi. Abis itu beli kacamata buat bocah biar ga silau, pas udah jalan bbrp meter masi ada ibu2 nodong sy terus plas plis plas plis jual topi lebar dari harga 70rb akhirnya 20rb dikasi :D 

Masuk ke area komplek candi nya rapih, teratur, petugasnya jg ramah2 cuma ya itu wisawatawan baik lokal maupun manca membludak...boanyaakkk bgt, ada jg rombongan study tour dr beberapa sekolah *btw dimarih pan gasuka yg tmp2 wisata yg sumpek2/rame2 & semrawut, kita prefer yg sepi... next harusnya pagiiii bgt abis liat sunrise lsg melipir kemarih* 


Sebelum naik ke candi mesti pake jarik dl, dibagiin gratis warna biru tp udahanya mesti dikembalikan. Krucils pun diwajibkan pake, buat koko saya iketin aja di perutnya.


Begitu masuk gerbangnya rada melongo, tangganya tinggi2 bgt yak... Kayanya anak2 (dan emaknya) ngga mgk kuat manjat sampe atas, tp pak suami maksa naik ktnya udah sampe sini masa ya ga sampe puncak stupa. Hadeeeehh, akhirnya b5 kita nekad naik. Baru dpt berapa anak tangga, bocah udah ngga kuat... akhirnya bapake gendong Kiky 22kg+Koko 15kg, saya gendong Kayla 20kg. Alamaaaakkkk beraaaatttnyooo, sampe puncak ngosh2an+tepar...botol minum yg tinggal sebijik dipake rebutan 5 orang XD udah ngga napsu photo2, wong liat pemandangan sekitar aja hawanya pening. Cuma duduk2 ngumpulin tenaga lagi lalu kita turun, kali ini sy pegang Kayla+Kiky, dan sy paksa harus jalan! Kan turun tangga mah gampang walo kudu ati2 krn anak tangganya curam.

Singkatnya kita mendarat dg selamat di bawah yg mana lsg disambut pasar, bakul minuman dingin & bakul oleh2 yg nyodor2in dagangan sampe ke depan muka :{ 
Beli pocari sweat dl, lalu paksa anak2 byk minum, trus beli lg es krim cup buat bocah, beli es dawet, beli kelapa, pkknya asal itu minuman dibeli! XD biar ngga dehidrasi, panasssss bgt soalnya.


Habis itu kita leyeh2 aja di bawah puun, sambil nungguin bocah ngemil pepaya dan para ibu2 belanja. Saya ngga napsu belanja samsek, tp akhirnya luluh jg sm ibu2 gendut yg maksa bgt beli celana kolor 50rb dikasi 8 bijik & kaos 100rb dpt 7 pcs :D ..mureeehhh

Otw ke parkiran ada area makan gt, tmpnya adem & bersih, harganya ramah di kantong pulak ..yasud sekalian maksi disana. andalan sy pesen pecel, anak2 makan bakso sm mie jawa rebus, suami pesen tongseng ayam yg enakk bgt!! Para embah2 pesen nasi rames rendang :D trus minumnya es kelapa. Huenakk...

Keluar dr area Candi Borobudur jam 15an lalu kita meluncur ke Jogjaaa :) 

Btw masih penapsaran sm taman kyai langgeng (walo pak suami emoh diajakin kesana) next mesti dicoba homestay lalu trekking liat sunrise. 

Minggu, 07 September 2014

Curug 7 Bidadari


Dapet rekomendasi tempat ini dari supir saya, hihi, trusnya saya gugling dimari dan kayanya oke, jadilah Sabtu pagi kita meluncur ke sana.

Sepanjang jalan pemadanganya bagusss, ini sisi lain dari gunung Ungaran, sawah2 yang mulai menguning, ladang2 pertanian yang siap dipanen , spontan 2 anak saya lsg teriak 'kayak di HAY DAY ya bunda'... hahaha :D Pak suami lsg buka jendela lebar2 & matiin AC... hawa2 gunung emang enak bgt :)

Lokasi curug ini ada di lereng gunung Ungaran, masuknya persis di sebelah Barak militer Bantir yg tersohor buat anak sekolah se-Semarang ^^  nah dari situ lumayan jauh masuknya (kurleb 2 kilo), jalananya narrow-sempit & ngga meyakinkan (soalnya masuk desa sm lewat rumah2 penduduk gt), tapi kondisi jalanan sudah diaspal aluss dan setiap sudut pengkolan selalu ada papan petunjuk (jadi kita tinggal ikuti aja arahnya, dijamin ga bakal nyasar).

Dan setelah mendaki gunung lewati lembah akhirnya sampe juga di pos satpam/retribusi yg terbentang tulisan 'selamat datang di curug 7 bidadari'. Oya semakin mendekati TKP jalanya makin kecil cuma muat buat 1 mobil, klo sampe papasan ya wasalam deh salah 1 mesti mundur.

Begitu keluar mobil, kita langsung disuguhi pemadangan sungai yg batunya segede2 gaban, cakepp bgt!! dibelakangnya terbentang hutan, ada juga sawah di pereng2 dan yg paling paporit terdengar suara alam (suara angin yg berhembus di sela2 pepohonan). Mana hawa2 gunung gt kan sejukkk, anginya semilir ^^ sukaa bgt!

batu kalinya gede2

Setelah itu kita mesti ngelewati jembatan, nah di sebelah kiri ada lapangan, di sebelah kanan ada sawah (ada pak tani dan nyapa anak2 dg ramaaaah), habis itu voila air terjun nya ternyata udah kelihatan! jadi tempatnya emang ngga terlalu besar :)

jembatan bambu yg bikin krucils teriak2 histeris antara seneng sm takut

Air terjunya ada 7 tingkatan, tapi size ngga terlalu besar kok (auranya ngga serem), kali nya juga ngga terlalu deras dan dalam, IMO ini Kids friendly ....tapi tetep yaa kudu2 ati2 karena batu kali kan liciin. Anak2 satu per satu nyeberang kali sendiri, dituntun saya lompat dr batu ke batu, while Koko digendong bapaknya.
Tempatnya ngga terlalu rameee..jadi anak2 seneng mo ngapain aja, mo lari2, mo nyebur kali, mo duduk2 di batu, pokoknya bebas ber-ekslporasi ^^

KiKaKo @ Curug 7 bidadari, sumowono

Nyampe seberang kali, kita naik ke air terjun yang di sebelah atas. Disitu ada semacam kubangan yang dangkal, airnya beniiiing tapi ngga bening bgt dan duingiin, dipegang mak nyessss! Awalnya ngga ada niatan buat nyebur, tapi kok bocah satu persatu pada nyemplung, (awalnya cuma nyelupin sendal, trus kakinya mulei nyelup, lama2 sebadan2 turun akhirnya serambut2 ikutan basah) haiyaaa yastralah sekalian aja nyebur biar jadi anak alam :p 

Emak pasrah liatin anaknya basah kuyub

Seruuu, pada jerit2, ciprat2an, yg paling lucu  Koko ...hihi, anteng aja doi duduk di bawah grojogan/pancuran, diangkat ngga mau -.-"

diem aja, diangkat ngga mau

Lamaaaa setelah jari mulei mengkeret, tangan mulai dingiiin, bibir membiru dan mata memerah akhirnya mau keluar dg sukarela :D secara yaaa baju gantinya kan ada di mobil, klo ngga buruan makin kedinginan kan. Jadi buru2 anak kecil ngibritt berlari2 menuju ke parkiran.

Lari2 selak kedinginaaaann....
path nya diapit sawah dan tanah lapang yg luas, latar belakangnya hutan!


Setelah itu pada ganti baju, gantinya ngumpet dari balik mobil, udah gitu gapake bilas lsg salin :p anggep aja air kali = air gunung = bersih.

Puas mainan, lapar dataaang. Melipirlah kita ke warung2 di emperan, klo info dari supir saya konon warung2nya kaya di Jimbaran jualan seafood /ikan bakar tp nyatanya mostly jualan popmie sama minuman2 instan. Cap cip cup akhirnya pilihan jatuh ke warung yg majang daftar menu, ada nasi goreng, soto, pecel dll. Saya pesen pecel sepiring (sayurnya banyaakkk bgt), pak suami makan soto, anak2 pesen mie rebus XD dan ngga lupa, mendoan!

Total kerusakan ngga sampe 20rebuan.  

Curug 7 Bidadari
Desa Keseneng, Bantir, Sumowono
Lupa fee masuknya berapa, yg jelas cuma bayar 8k (include parkir mobil)

Mureeeeeeeeeh...! ^^

Otw pulang belok ke SPBU depan Gedong Songo dulu buat Shlat Dzhuhur, abis itu nyampe Jimbaran ngga ada rencana tau2 belok ke Umbul Sidomukti :p 

Ternyata sekarang makin geday, banyak villa nya, ada resto lesehan juga. Pas kita kesana lagi ada acara outbond, jadi kita cuma duduk2 aja di pinggir kolam sambil liatin orang outbond. 

Next mesti dicoba staycation kesini ^^

@ Umbul Sidomukti 




Rabu, 03 September 2014

Candi Gedong Songo

Lanjutan cerita dari sini.

Karena ternyata Watugunung cuma taman dan ngga ada tempat makanya jadilah kita jalan pelan2 (sambil mikir) mo makan dimana. Singkat cerita melipirlah kita ke Candi Gedong Songo! *gile lu ndro, cari makan aja sampe ke candi :XD hihi

Ongkos masuk b5 cuma 18k :p mureeeeh ya! per orang 6k, Kiky & Koko masih free ^^

Ke Candi Gedong Songo ini sebenernya sudah beberapa kali scr deket bgt dari rumah, tapi stl diinget2 tyt terakhir kesini jaman Kyara masih kecil. Jadi ini perdana Koko kemari.

Tujuan pertama kami langsung cari warung, karena emang niat mulia kita mo cari makan. Yang terkenal disni sate kelinci, tapi mana tega aku makan kelinci yg lucu *ngomong sambil ngunyah sate*. Huahuahua. Engga lah, ngga makan sate, makan bakso aja yg anget2...tapi tunggu punya tunggu, lamaaa amiiirr ngga dilayanin T_T Akhirnya dg kesal hati kita jajan POP MIE!!! Beli popmi goreng buat aybun, anak2 makan popmi rebus, koko makan roti sama mendoan :p sehat bgt ya *lalu digiles mamayeah*

Shawl nya pak suami juwaraaa!! siyap njoged 

cukup puas sampe candi #1 aja

Kenyang makan kita naik ke atas, niatnya sih mo trekking sampe ke candi #3 ...semangka! tapi realita berkata lain, baru nyampe candi #1 (yg jelas2 didepan mata) udah ngosh2an setengah mokat *lebe* dan singunen....mendadak pening, sungguh kami tak sanggup jika harus melanjutkan perjalanan ini.
Mo naik kuda juga skr tarifnya ngga kantong-friendly....udah mahal aje, dulu cuma 25rb, klo mau komplit keliling 9 candi cuma 50rb, nah skr harga mulai 90rebu....padahal ngga mungkin sewa 1 kuda aja kan? pokoknya baru liat daftar harga aja hawa2nya udah bikin mules :S dadah2 sama tukang kuda dan kudanya, maap yaa disini turis pelit irit.


Long way to go, langsung balik badan!

Jadi sesiangan itu kita habiskan dengan sewa tikaaarrr 5k saja! gelar tiker dibawah pohon lalu tidur2an ^^

Baru mau rebahan eh dateng ibu2 penjual makanan ringan sm minuman botol/kaleng T__T tapi kita cuekin scr perbekalan kita udah kumplitttt. Tapiiii taktiknya dese pinter bgt lhooo, keranjang berisi snack2 & minuman itu ditaroh deket anak2 trus si ibunya pergi, jelas anak lsg saya ngambilin dong yaaaaa....grrrr. Klo KiKa udah bisa dikasi tau, 'enggaa boleeee' tp klo koko, tau2 digigitin dibuka sdri, giliran diambil anaknya guling2 T______T mamih! akhirnya beli 1 bungkus TARO rasa rumput laut 7k saja. Gile, hari ini sajen nya krucils bergizi banget deh.

Eh abis itu dtg lagi ibu2 penjual yg berbeda.....huhuhu aku kan mau bobokaaan ala2 ciaobella... lalu ada suara lembut berkata  'yakan dia juga lg cari nafkaaaahh' *sigh*

baju ijo ngga mau diphoto


Setelah itu perbekalan saya sebar di tiker, roti, tromel, berikut botol2 minum & susu kotak anak2. Maksudnya biar ngga ditawar2in jajan lagi, trus bobokan dg sukses sambil dengerin suara angin berhembus di sela2 pepohonan dan gesekan daun2. Sambil ngerasain hawa dingin menampar2 kulit muka... Rasanya enaaaak, beban pikiran dibuang jauh2, ditinggal mbak pun akurapopo.

Sementara anak2 dibiarin riwa riwi dan bermain sdri dengan imajinasinya...
What a life :')

Our lovely view

Anak2 seneeeeng bgt piknik ke candi gedong songo ini, minggu ini udah nagih mau liat candi lagi ^^ hihihihi.

Keluar dari Gedong Songo jam 16an, jam 17 udah nyampe rumah. Malam minggu kita bobokan, minggunya lanjut bobokan ^^

Watu Gunung

Setelah sukses piknik ke Banaran jadi nagih cari tmp piknik murmer yg model alam terbuka gitu ^^

Sabtu pagi kelar beberes rumah, lsg ngajak suami (yg lagi sibuk sama burung cucak ijo kesayanganya) buat siyap2 piknik. Belum kepikiran mau kemana, yg penting siapin dulu perbekalan, bawa bantal kecil sama jaket anak2, ga lupa bawa cemilan - hup! masukin dl smw ke mobil. Setelah semuanya beres baru emak mandi-dandan tipis-pake jilbab- 5 menit kelar. Gabawa mbak karena gapunya nanny/mbak lagi  T___T 

Keluar rumah jam 9 pagi jalan sambil browsing dari hape. Singkat cerita didapatlah Watu Gunung, lokasinya di desa Lerep, Ungaran (lewat belakang alun2). Perjalanan kurleb 30 menit dari rumah. Dekeeet yaaaa ^^

Ternyata Watu Gunung ini semacam taman yg luaaaasssss bangeeettt, ada danau buatan di tengah2nya, banyak batu2 besar, jalan setapaknya pun dari batu2an, Koko jalan sampe kesandung2 XD

Cuacanya sejuk tp ngga terlalu adem, tp airnya mak nyessss :)

Pemandanganya cakeeep, gunung Ungaran keliatan deket (tapi di photo jadi tampak jauh ya). Dimana2 serba hijaaaauuuu, pohon & taneman nya banyaaakk bgt. Rumputnya rapiiih, waktu kita ke sana banyak tukang kebon (udah tua2) yg lagi nyapu.



Sepanjang jalan2 anak2 (dan emak bapaknya) lumayan amaze, karena ngga cuma danau, tapi ada kali kecil, ada sawah, ada air terjun.... :) sukaaaaaaaa, bagusss semuaaaa!

ada air terjun mini

Anak2 hepi banget menyusuri jalan, trus ke lapangan terbuka kecil yang diapit hutan2 sengon.
Nah dari lapangan itu bisa keliatan pemandangan ke bawah (kota ungaran). Kita leyeh2 duduk2 disitu ngalamun2 sambil liatin sawah kecil dan hutan yg membentang.

Dibiarin lari2an 
Ada juga beberapa pendopo besar (ada 4 klo ngga salah) yg 1 kosongan, yg 1 ada kursi2nya & patung2.. :{  juga lukisan2, trus 1 lagi malah ada kelambu2nya *spooky abis* nah 1 lagi kayanya ditempatin jadi rumah, soalnya ada dapurnya ada kamar mandinya bersih, ada rendeman cucianya juga XD

Di beberapa spot ada saung2 kecil yg model kuno gitu (tiap saung ada namanya).




Lalu di bagian atas, ada kolam renang....tapi airnya ijooooooo, lumuten!! X___X  banyak anak2 kampung sekitar pada berenang disitu, pada nyebur sebaju2nya, ada juga yg lepas baju.

Koko terpana dan terhenyak liat mas nya

Overall tempatnya menyenangkan, pemandanganya baguuusss, tp alangkah lebih enak lagi klo ada resto/warung...jadi sambil leyeh2, anak2 lari2an emak bapake bisa sambil ngemil2 cantik or lunchie ^^
disini ngga ada apa2nya selain wisata alam. Jadi cuma ngangon krucils aja lari2an kesana kemari.

Oya pas mau pulang saya disamperin mbak2, dikasi tau tiket masuk 5rb/orang :D huahuahua...ternyata bayar!

Watu Gunung
Jl. Srikandi Raya no,1 Desa Lerep Ungaran Kab. Semarang

Jumat, 15 Agustus 2014

Kampung Kopi Banaran


Banaran ini tmp wisata alam yg jaraknya mayan deket sama rumah kita. Berkat jalan tol baru jadi perjalanan cukup ditempuh dalam waktu 15 menit saja!! keluar pintu tol Bawen belok kiri udah nyampe deh.

Kontrasss bgt sama waktu pertama kali kesini, superrr ruameee mo gerak aja susah, kemarin waktu kita kesini lagi sepiii...parkiran nya penuh si, tapi area wisatanya sepi. Tapi justru nyaman :)

Tujuan pertama kita naik kereta wisata keliling kebun kopi, sewa 1 kereta bayarnya 60ribu (namanya kereta tapi bentuknya mobil gt, 1 mobil muat utk 6 orang dewasa). Dapet sopir lucu, jadi sepanjang jalan ngakak2 mulu, perjalanan kurleb 30 menit, pake acara berhenti dulu buat photo2 di tengah kebun kopi.
Jalanan nya ancur bgt, ngga ada jalanya malah, cuma jalan setapak berbatu2 yg lebar gitu jadi kita ajrut2an bgt dan mesti pegangan kenceng XD

Beranak 4!!!

Kelar naik kereta wisata lanjut ke area main anak2. Tiap 1 permainan bayarnya antara 10rb-20rb, ada beberapa wahana: naik kereta api, naik helikopter, naik hewan2 (semacam komedi putar), main di istana balon (sayangnya panas) dll. Kelar ngangon bocah main2 lanjut leyeh2....

Di Bawen ini hawanya sejuuk bgt, anginya semilir, apalagi banyak pepohonan. Kita booked 1 saung, trus gegoleran sambil ngemil mendoan & tahu bandungan dicocol sambel kecap sambil nyeruput es teh, teh nya rasanya sepet2 enak. Teh khasnya sana namanya Kaligua.
Abis itu pesen menu lunch: nasi pecel, nasi timbel, soto ayam sama mie jawa godog. Rasanya IMO standar sih, ngga istimewa, hehe tp krn lapar ya hajar aja.

Nasi timbel, soto, mie jawa kuah, nasi pecel
Sementara para krucils lari2an main di area bermain/playground, main ayunan, jungkat jungkit, trus apalah namanya yg diputer2.

Disupiri sama mas Koko, betah bgt naik ini @_@

Ga cuma area playground aja, disini ada banyak fasilitasnya, seringnya sih dipake acara outbond kantor gt, pas kita kesini jg ada yg lagi outbond teriak2 seru di belakang. Ada juga area outbond anak2, flying fox, atv, naik kuda, kolam renang dll.
Tapi ngga semua kita cobain, cuma main2 aja yg anak2 suka lalu makan trus pulang deh ^^ berangkat jam 10, pulang nyampe rumah jam 15an. Nyampe rumah jg ngga tll sore, anak2 ngga cape :)


Bungsu hepi bgt lari2an di area terbuka gini

Berhubung anak2 pada seneeeng, jadi akan diagendakan piknik2 ke ruang2 terbuka macam begini. Rasanya lebih sehat begini ya ketimbang main di mol, tapi udah lama juga sih kita ngga nge-moll (kalo pun ngemol pasti ada perlunya, dan perginya cuma b2 *curang* hahaha).


Kampung Kopi Banaran
Jl. Raya Semarang – Solo KM 35 Bawen, Kab Semarang.
(0298) 7101770

Senin, 04 Agustus 2014

Cerita Lebaran 1435H

First of all, maaaaaf lahiirrr batiiiiin yaaaa :* salamin satu2

Lebaran spt biasa engga kemana2, karena emang kita ngga punya kampung. Mo ke rumah bapak ibu tinggal ngesot, mo ke rumah mertua tinggal lompat *lebe*...  beneran rumah kami itu posisinya segitiga emas, tepat di tgh2.. jadi mo ke ortu sini deket ortu sana juga deket.

Petualangan-ditinggal-mudik-pemboti dimulai Sabtu pagi buta abis sahur. Manakala pasukan belakang sudah habis... dan Koko baru sembuh dari sakitnya dan Kayla badanya mulei sumeng :{


Lebaran Day-1


Malam takbiran udah rasa Lebaran, kita makan lontong opor komplit di rumah Uti Kakung trus main kembang api & mercon. Paginya sholat Ied di masjid depan, lalu ke makam, lalu siang nya lanjut acara Halal Bi Halal keluarga besar, dan dadakan didapuk jadi MC (pegangin mic sambil nyuapin anak2 -.-"  yang lajang kan banyak yaaaa kenapa jg yg ditunjuk ibu2 rempong beranak 3 beginiiih sih T_____T" )



Malemnya Kayla demam :( huhu..


Lebaran Day-2 


Kayla berangsur2 membaik gantian Kyara demam tinggi, seharian hibernasi di rumah aja. Kakak saya sekeluarga pamitan mudik part 2 ke Jogja.



Lebaran Day-3


Seharian Kiky masih demam tinggi naik turun & cranky banget, sorean kakak ipar sekeluarga dtg dari Purbalingga jenguk ke rumah. Malemnya pada dinner di rumah saya, mo masak ngga napsu...cari warung ngga ada yg buka (yaiyalah bakulnya pada mudik).. .akhirnya nemu warung ayam bakar lsg bungkusssss!

Lebaran Day-4  


Seharian di rumah Bapak mertua, keluarga besar dr luar kota kompliiittt pada datang jadi sekalian Halal Bi Halal.
Malemnya jalan2 ke Ace Hardware niatnya nganter mbak ipar jalan2, tapi malah kita yg bebelian, bungkus tempat payung sama bantal (bantal dacron palsu existing di rumah udah pada gepeng soalnya,huahua)
abis itu angon krucils main di playground dan Kiky tetiba naik dong suhu badanya, matanya udah sayu mbrebes mili, badanya panassss bgt (mana gabawa termo, untung panadol selalu siap sedia di tas emak) dan buru2 kita ke IGD RS Elizabeth, Alhamdulillah gapapa cuma parset nya disuruh ganti ke yg forte.

sembuh dong nak

Lebaran Day-5


Abis Jumatan main2 ke rumah adek ipar di Ambarawa, sekalian main ke Kampung Rawa. Ruameeeenya amit2.
Makan sore disana (menunya cuma ikan2an) sama nyobain naik bebek kayuh bayar 20rebu. Abis itu udah ngga napsu ngapa2in, selain rame, semrawut juga makin sore anginya makin semribit adeeemmm.



Tips bikin krucils anteng di jalan: saya gelarin alas kasur tipis di bag belakang mobil, bawa selimut, bantal2, cemilan dan mainan. Krucils dijamin anteng & sibuk sendiri! goler2 lah, main dan berantem2an of course :p

Lebaran Day-6


Siang cari lunch di luar dan tyt belom banyak resto yg buka, akhirnya mendarat di Sendok Bebek dan heboh di resto. Seharian ini Koko super cranky sekali. Sorenya mba ipar sekeluarga pamitan pulang ke Purbalingga.

Malemnya Koko mulei cranky :{ badanya ngga enak kali yaaa...

Lebaran Day-7


H2C menanti kepulangan embak, udah sms an sejak Kamis pada janji dtg Minggu tapi dinanti sampai malam belum kunjung tiba. Akhirnya jam 22 satu mbak datang (tapi bukan yg tugasnya momong krucils).
tengah malam si mbak sms alesan ini inu dan sukses bikin murka!

akhirnya libur Lebaran is over ... 

Rasanya seneng2 gimana gitu balik ke rutinitas
Mobil besar kembali masuk kandang, balik ke si imut
Kembali ke pagi yg hectic
Dan walo hati gondok setengah mati karena embak dusta durjana
tapi bersyukur tetep bisa ngantor dg tenang..
Alhamdulillah ada malaikat penolong yg bisa jagain anak2 :)

Happy Lebaran 1435H

Sekali lagiii mohon maaf yaaa untuk segala keseleo-an lidah, kesalahan ketik jari ato tulisan2 yg annoying, komentar yg ngga berkenan dan segala bentuk ke-riya'an yg tidak disengaja... *sungkem*

Selasa, 22 Juli 2014

Dekor Rumah


Akhir2 ini lagi kena racun shabby chic deh saya XD itu tuh si piring dg kombinasi bunga2, polka2 sama kotak2, ditambah kombinasi warna2nya yg eye-catching : merah, biru muda, pink muda, coklat muda ato warna2 pastel.
Existing piring2 di rumah saya sih putih polos, modelnya simpel. Kenapa putih? karena saya & suami emang punya konsep modern minimalis untuk isi rumah kita.

Setelah beberapa kali liat koleksi piring bunga2 buat rebutan di ITC (instagram trade center) dan tetap mencoba lempeng, akhirnya hati ini luluh lantak manakala liat koleksi newcountry ato yg lebih dikenal #jube dijual 1 set isi 20 pcs dg kombinasi yg super duper lucuk dg harga muraaaahhhh! (yg jualan temen sdri sik XD hihi. btw emang produk ini pabriknya ada di Semarang, tp beberapa kali saya ke toko nya ngga ada tuh yg model begini, usut punya usut ternyata emang ngga dijual buat lokal karena produk ekspor. Waaaa...)

kembang2 dimana2 XD

Long story short,
Intinya setelah bebelian piring kembang2 dan tyt suami ngga protessss (penting ini!) trusnya jadi latah beli2 yg lain, beli lagi piring kembang2 buat pajangan tembok (yang ini Kakung rada melongo! lah kok ada piring kembang2 di tembok? untung bukan rumah Bapak, klo Bapak udah dicopot katanya..... XD huahuahua).
Trus trus beli lagi sarung bantal kembang2 abis itu sprei motif pink kotak2, ini juga bikin suami2 rada2 gimana gituu "yaampun bun, kaya tidur di meja makan deh, sprei nya kaya taplak!" ...huahuahua.
Yang sudah2 sprei2 saya 'bersih' bebas motif kalo pun ada pasti yg simpel dan resik, ngga pernah pake sprei motif plungker2 apalagi kembang2 apalagi sprei batik! emang dese ngga suka yg ruwet...klo tidur di sprei ruwet tar mimpinya ikutan jadi ruwet katanya  XD

Nah setelah sukses bikin perkakas rumah tangga jadi berwarna dan ternyata tampak lucu, jadi gatel deh keterusan pengen merambah ke yg laiiin! gegara liat ig nya desainer gitu, rumahnya warna warni tabrak motif kok ternyata lebih cakeeeepp yaaaa. Eh kebetulan lagi pas buka2 web nya Lamudi nemu banyak artikel baguussss.

Trus melongok ke dalam rumah sendiri yang warna nya monoton, mulei kursi ruang tamu, kursi rg tipi, kursi goyang, kursi makan dan kursi2 yg lain warna nya sssooooklaaaaaatt semua, bahanya oscaaarr semua (kulit imitasi, jadi gampang di lap klo kotor). Walo sebenanyanya soklat nya bervariasi mulai soklat muda, soklat tua, soklat mocha, soklat krem, soklat susu, soklat kopi..... tp tetep aja namanya soklat! punya karpet 3 size, besar,medium, small juga warnanya soklaaaaattt semua. Wallpaper pun soklat, soklat tuaa plungker2, soklat keabu2an sama soklat ada kembang2 nya... Cat dinding pun soklat ivory. Yampyuuuunnn baru nyadar tyt rumahku soklat semua warnanyaaaa! @_@ sungguh super-ngga-kreatip!!!

Yg berwarna cuma sarung bantalnya, koneng sama soklat muda sama soklat tua...lah ujung2nya soklat lagih.

Biasanya saya beli barang2 rumah tangga karena faktor kelucuan semata dan faktor kantong sih....ihik. Beberapa perabot  nyolong memanfaatkan barang2 di rumah Uti trus disulap jadi baru. Ada yg tinggalan Mbah Buyut segala, ada yg meja belajar sekolahan jaman dulu..yg ini ambil dr tukang kayu langganan kita trus disulap jadi meja credenza minimalis. Malah kuat krn jati solid asli!

Pingiiin bgt nge-dekor ulang isi rumah, misal sofa diganti jadi merah sama koneng gitu, sarban nya bunga2, gorden diganti yg lebih berwarna (motif chevron misalnya), lalu karpetnya hijau rumput.  Truss dipecat jadi istri. Tapiiiii  kok eman ya, scr di rumah masi banyak krucils di bawah lima taun yang sewaktu2 jiwa seni nya bisa muncul!!!

Yasud lah, hasrat bebelian buat ngedekor rumah ditunda dulu, paling bener emang dipake piknik ditabung dulu aja duitnya nya buat liburan. #eh

Klo pajangan kecil2 siiik saya sukiii bgtt, tapi bahanya mesti yg anti-pecah-kalo-dibanting-bocah! Jadi mostly pajangan2 meja yg terbuat dari kayu or plastik, ngga harus yg beling. Tips bebelian dekor rumah bisa diintip dimarih yaa. Ngga harus mahal kok, bisa hunting di OLS ato ITC. Kalo pun ke Informa kadang bisa nemu barang-ngga-penting-tapi-sayang-kalo-ngga-dibeli. Saya selalu gagal fokus tiap masuk Living Plaza, carinya apa keluar2 bawa tentengan frame foto lucu dan serbet. Masi untung Ikea ngga buka dimarih, bisa2 kalap! Hihihi

Aniho emang ibu/istri itu nyawa sebuah rumah, yg memberikan sentuhan warna dalam sebuah rumah itu ya wanita! Bayangin klo ngga ada wanita, rumah pasti bisu dan dingin dan ...........berantakan! :) (eh itu ngga semua deng yaaa ada kok laki2 yg manis dan suka bersih2, huahuahua)



Senin, 14 Juli 2014

Sekolah Anak


Hari ini Kayla & Kyara kembali masuk sekolah

Sedari Minggu krucils udah heboh nyiapin perlengkapan sekolahnya, mereka super excited dan seneeeeeeng bgt mau masuk sekolah ini!!! sungguh beda sama emak dan bapaknya yg angot2an tiap memasuki taun ajaran baru -.-"
Yang harus disiapkan : dosgrip aka tempat pensil, sendal jepit, baju ganti 1 stel, sama mukena (khusus untuk kakak)... semua ini nantinya ditinggal di sekolah. Untuk perlengkapan gambar menggambar dan tulis menulis disiapkan oleh pihak sekolah, semua properti diberi nama tiap anak lalu disimpan ke lokernya masing2.

Nah, yang paling seru pas terima tas troli baruuuu :D pada heboh-girang-joged2

Alkisah karena taun ajaran baru jadi dibolehin rikues tas, anaknya pada hepi bgt & kompakan mintanya tas troli gambarnya frozen. Bunda kasih ijin beli tas baru tapi syaratnya tas2 yang lama dihibahkan dulu, dg semangat mereka gedubrakan bongkar lemari ngambili tas2nya yg lama yg sedari jaman bayi macam skiphop, linda-linda dll. Dulu emaknya yg hoby bebelian tas, setelah anak2 besar skr pada milih sendiri :p
Waktu bongkar2 kayanya krucils masi pada setengah hati mo buang tasnya, ini masi bagus, ini juga bagus bundaaa.... :') akhirnya gatega juga emaknya, dikasi ijin masing2 boleh nyimpen 2 tas, sisanya harus dihibahkan. Pokoknya lemari harus bersih!!!
Tas klo kelamaan disimpan jadi bau, jamuran & sarang nyamuk. Lagian warnanya pink kan gabisa dipake sama Koko juga bakalnya, jd mending dikasi ke sepupu sama anaknya pemboti.

Kelar urusan tas, lalu siapin baju yang mo dipake. Selama bulan Ramadhan ini anak2 wajib memakai baju muslim, cobain gamis2 existing tyt udah pada cingkrang...panjangnya udah di atas mata kaki, klo dipake wagu XD jilbabnya juga udah pada kesempitan di muka. Lah bocah cepet aja gedenya...
Yawes pakein celana jeans sama baju panjang, trus melipir beli jilbab buat anak2. IMO saya ngga terlalu suka yg bermotif2 / bercorak2 :)

Abis itu nyobain seragam, tyt adek ngga muat loh pake seragam barunya...krn sesek jadi rada ngedumel anaknya (efek liburan tampaknya jadi melebar, tp bisa jadi krn baju baru jadi melarnya belum sempurna), sementara kakak ribut minta dibelikan seragam baru..padahal seragamnya masih bagussss! (efek jeles liat adek bajunya masih gress kinyis2) -.- klo ngga ribut kayanya emang ngga seru..... hadeeeh....

Emak-ngga-mau-rugi coba ngakalin, seragamnya dituker, kk pake punya adek, adeknya pake punya kakak. Eh adeknya muat dong (padahal roknya kakak 1 size di bawahnya, mgk krn udah lama jadi melar), kk nya juga hepi dpt baju baru....well done ^^ masalah terselesaikan.

Seragamnya dituker ^^


Senin pagi, jam 6.30 

"Banguuuun yok, sekolah!!"

Langsung giras semunya turun kasur jalan terhuyung2 ke kamar mandi. Pokoknya pagi ini anak2 pada manisss bgt deh. No drama at all, abis mandi pada nurut disuapin makan biar cepet, ngga pke adegan pilih2 lauk, abis itu pake sepatu & kaos kaki sendiri. Trus capcus deh kita ke sekolah...

Sebenernya dalam hati saya agak deg2an juga sik, kelas baru, bu guru baru, teman2 baru, anak2nya bakal cranky ngga ya.

...

Nyampe sekolah, naroh tas, salim bu guru, eh trs KiKa pada ketemu sahabatnya...! jadi emang di sekolah ini dikondisikan spy anak sekelas dg sahabatnya, at least meski suasana baru dia tetap merasa nyaman karena ada sahabatnya. Dan biarpun murid ada segitu banyak tapi hampir semua bu guru hapal nama anak didiknya loh (meski ngga pernah ngajar), jadi begitu nyampe langsung disapa "Kaylaa...Kyaraaa" :D emaknya seneng!!! ^^
Ngga lama kmd "kriiing.." bel berbunyi, anak2 buru2 baris di lapangan, dan emak pun melanggang ke parkiran dg hati tenang.


Have fun di sekolah sayang :*


Yang 2 sekolah, masih punya mainan si bungsu di rumah!!!

Etapi sekarang bungsunya ada 2, Koko sama Salva (anak angkat kita, anaknya pemboti seumuran koko..manggil kita ikutan ayah bunda, mudah2an salva seterusnya ngikut kita..saya sih kepengenya gt).


Si Bungsuuuuuuuu


Kalo dulu seumur Koko kakak2nya udah pada sekolah, bener loh! 18 bulan udah pada saya sekolahin *emak lebe* kelas baby gitu di Kiddie Land Montessori, pelajaranya ya ngga jauh2 dari salim, nyanyi2, berdoa, keplok2, cuci tangan, maem sendiri, merangkak, guling2, maen bubble dll.

While untuk Koko kok belom berhasrat buru2 nyekolahin yaa. Balada anak bungsu kali :p
Berhubung Juni taun depan Koko baru 2 taun 7 bulan jadi masuk kelas toddler dulu deh di ......PAUD belakang rumah  XD hahuahua..... bareng Salva, wekekeke.

*Kemudian dilempar galon*
Emak kejam!
Kakak2nya pake metode montessori kok adeknya cukup didikan paud XD

Ampuuuuuuuun, bukanya kejam tp karena masi piyik jadi mo diajarin apa juga belom nyantol bgt. Experience is the best teacher! Dulu saya sok2an pake bilingual school, dari ajaran Montessori sampe ke Creative School tp kok ya jejak ajaranya asa tak berasa.... Baru setelah anak2 sekolah di Al Azhar, perkembanganya pesat bgt, mulei mandiri, berani, suka tulis menulis, dan hapalan surat2 pendeknya lancar jaya.

Tapi tau juga sik, yg namanya proses jelas ngga mungkin instan lha yaa, mungkin ajaran2 sebelumnya juga udah terserap dg baik di kepala bocah jadi pas masuk Al Azhar (ndilalah) udah lancar jaya.
Nah tapi untuk bungsu yang sudah bisa melihat dan meniru dari kakak2nya saya rasa ajaran di rumah sudah lebih dari cukup. Terapin ajaran Montessori sdri di rumah, kakak dikasi reward klo ngajari/bantuin adeknya en so on.

Ada lagi masukan dari temen, klo anak cowo itu gampang bosen nya, jadi anaknya dese disekolahin jg sejak baby, giliran masuk sekolah formal beneran malah mogok anaknya ngga mau sekolah. Jadi yoweslah ngga mau maksa dan tll berharap juga spy Koko lekas sekolah. Taun depan masuk PAUD pun juga tujuanya  cuma bermain, beraktifitas dan belajar berteman.

Taun depanya lagi baru masuk sekolah formal bareng kakak2nya... :)

Berharap semoga anak2 menikmati masa kanak2 mereka ah, Amin

Senin, 07 Juli 2014

Ketika Nyali di Ujung Tanduk


Malam mingggu,
ngga ada angin ngga ada ujan abis Sholat Teraweh tiba2 suami saya ngidam SOTO LAMONGAN....
orang ini emang rada bawel perkara makanan tapi sampe ngidam kayanya ngga pernah deh. Lebih seringnya saya yg nawar2in menu trs dia tinggal milih. Dan itupun biasanya menu2 yg ngga kita masak di rumah, macam dimsum, sushi, udon, ato western food... nah kemarin ini rasanya aneh bgt malam2 nyari soto. Untungnya saya tau ada bakul soto lamongan deket rumah, jadi keturutan deh.

Minggu pagi jam 6, tetiba suami saya teriak2 bilang punggung nya kesakitan O_o saya yg masi kriyep2 setengah nyawa cuma bilang coba deh pijet sama yu Puji aja, mungkin masup angin. Abis pijet dan kerokan dia masuk kamar lagi sambil teriak2, saya yg masih di alam mimpi mendadak kebangun kaget dg jantung berdebar2 (orang klo bangunya kaget kan jantung super berdebar2). Makin kaget pas mendapati muka suami saya super puceeettt, mukanya KUNING! tangan kaki dingin semua, teriak2 kesakitan ulu hatinya, matanya ngeliat ke atas, trus minta dibacain ayat2 Quran.

Astaghfirullah.... O_O

Sumpah! rasanya bak naik pesawat trus kena turbulance kenceng bgt, dengkul lemes, perut mual, jantung berdegup kenceng. Ambil balsem oles2 ke dada suami sambil coba saya urut, eh doi teriak makin kenceng "sakiitt bun, ngga tahan buuun..."  haduh gusti, trusnya saya ambil botol dot nya koko isi full air panas buat ditaruh di dadanya, biar anget.

Abis itu lari ke dapur bikin teh anget, ambil madu. Pas masuk kamar lagi suami posisi lagi bersimpuh di bawah kasur sambil mukanya meringis kesakitan. Paniiiiikkk dong saya, keinget case nya Aji Massaid!! lsg saya suruh batuk2 "terus batuk2in yg keras yank". Yg ada doi jadi munti2 hebaaattt sampe nggelosor di kamar mandi..... MasyaAllaaahhhh

Masuk kamar lagi saya paksa batalin puasanya, paksa minum teh panas trs saya minumin madu. Bukanya jadi baikan yg ada jadi mual, udah gitu makin kuning! bibirnya memutih....Masya Allaaaaah, nelpon 911 alias pak Mar (sopir kelg yg berabad2 ikot bapak ibu) kebetulan istrinya tukang pijet syaraf lagi di rumah ibu, maksud hati saya suruh mijetin syaraf (engga kepikiran ke dokter babar blas, karena mikirnya 'cuma' angin duduk. What the hell angin duduk!!! ^%@$&#* kok ya saya bisa bego, angin duduk tu ngga ada...bahayanya kan kena serangan jantung!).
Abis nutup telpon, lha kok suami saya yg ada makin klenger, cuma teriak2 'Allaahh...ya Allah...ngga kuat..ngga kuat'. (Hikmah: teh itu bikin mual, mending dikasi minuman manis lain...air madu ato sirup kali ya).

Nyali saya makin ciutttt, nyawa saya makin keciiiiiiiiiiillll. Langsung mikir yg engga2 T_______T

Panik nelpon ibu, eh ibunya lagi Dhuha, nelpon ke bapak dibilang 'bawa ke rumah sakit sekarang!'.

Jadi begitu pak Mar dtg lsg mas Sigit saya gotong ke mobil, dr kamar ke mobil pake adegan ambruk 2x. Ya Allah...badan segede gitu, ambruk, teriak2, muka pucet, keringat dingin, yg mana itu seumur idup ngga pernah! yagimana ngga makin panik saya. KiKaKo bingung ngeliatin kita, sy order ke pomboti untuk take care anak2 karena saya mau ke RS anter bapaknya.

Di mobil makin horror suasananya, doi udah tiduran aja di bahu saya sambil terus mengaduh2 kesakitan "sakit bangettt bun....ngga tahan buun". Diselingi baca2 doa. Kepala lunglai & badan keringetan hebat sampe baju basah sah sah! Perjalanan 15 menit terasa begitu sangat lamaaaa.... :(  Ya Allah aku takuuuuutttt

Di balik tirai hijau itu ada suami saya

Masuk halaman RS Elizabet aga tenang krn sepiii, lsg masuk UGD & dg sigap ditangani suster2nya. Hatiku mulei tenang, ngga lama kmd Bapak Ibu datang dg muka panik & khawatir :') hatiku mulai menghangat.
Kondisi mas Sigit masi teriak2 gt kesakitan, guling koming, tgnya masi dingin semua dipijetin Bapak, while ibu ngelus2 kakinya. Karena sakit hebat dan meraung2 terus jadi dokter ambil tindakan disuntik dulu buat ngilangin rasa sakitnya, ada 3 suntikan panjang2 gitu. Seluruh keluarga disuruh keluar, tp dia megangin tangan saya ngga mau ditinggal, bunda disini aja katanya. Yasud jadi saya ndampingin dia sampe kelar disuntik...sambil nunggu reaksi obat bekerja dan masih kesakitan dia tetiba ngomong "baunya melati ya bun...".
Padaaal ngga ada pengharum ruangaaan, yg ada bauk obaaat wong di Rumah Sakit!!! dalam hati saya  mamiiih ini wangi apa, siapa yg 'datang'...aaack!! pergi pergi pergi...!

Ngga lama obatnya mulei bekerja, udah ngga kesakitan lagi dan mulei tenang, lalu dilakukan prosedur pemeriksaan penyakit jantung, EKG dll. Hasilnya bagus semua! alhamdullillah...

"Sekarat buuunn...."

Lah trus sakitnya kenapa?? diagnosa sementara sepertinya asam lambung, penyebabnya bisa macam2 apalagi kondisi kita lagi puasa klo makan ngga dijaga bisa berbahaya bangeeeetttt :{ tapi setelah ini kita mesti periksa ke ahli spesialis peny dalam.

Siangan setelah baikan & nebus obat yg isinya enzim2an untuk saluran cerna lalu kita pulang. Perjalanan pulang disopiri Bapak ibu dan hatiku membuncah....ya Allah bersyukurrrr bgt dan kaguuum luar biasa yg namanya kasih sayang orang tua beneran sepanjang masa....
Dulu waktu kk saya sakit, sampe bapak ibu dibela2in terbang ke Jak, ngangkut kk saya dr RS kecil dibawa ke RS yg proper dan tyt DB & thypus. Semoga kelak saya bisa meneladani jadi super-parents/super-embah. AMIN!

kasih nasehat sepanjang jalan ttg RAT RACE
boleh kerja semangat cari duit tapi ngga bole ngoyo!


Hikmah kejadian begini saya jadi makin sayaaaaaangggg bgt sama suami saya, walopun cranky nya suka ngalah2in KiKaKo, kalo sakit lebih heboh dari KiKaKo tapi keberadaanya sungguh tak tergantikan, walo klo ngomong kadang suka bikin ati gondok...but i do really need him. Gatau deh klo sampe ditinggal mati T_T aku hancur ya Allah ngga akan sanggup....

Semoga kita semua diberikan umur panjang yg bermanfaat, Amin :')